Teuku Yadin's Blog

Just another WordPress.com weblog

tradisi adu kodok


ane sendiri ga tau tradisi adu katak ini asalnya dari negara mana..

cekidot gan..

Leave a comment »

ABG jaman sekarang ga jelas banget!!!


Inilah 99 Ciri Anak Abg Jaman Sekarang.!

1.rambut mohawck,emo, harajuku, britpop
2.stelean indies,rock and roll,ato kejepang2x-an
3.jacket cewek : warna yg nabrak2x kaya IJO,KUNING,- army ato skrng2x mulai kotak2x bergaris
jakcet cowok : jeans-cardinal- vitage merek adidas-pake jas yg item-army
cewek-cowok: semua pakean mulai dari sepatu-jam buatan distro
4.beli baju ato jacket? KE DISTRO aja..(walpoun ga beli apa2x)
5.pake gelang2x karet yg item2x..
6.jomblo = cupu
7.GA ADA LAGI LAGU2X ANAK,jaman gue ada bondan si lumba2x,ria enes sama susan,eno lerian dll
8.nonton TV? MTV terusss…
9.malem minggu ngajak si doi pasti ke mall
10.gaya ngomong “GUE GITLOHH..”.” SECARA… … GITU LOHH…”,”CAPE DYEEE…”
11.ke warnet cuma buka Facebook
12.di buss,di angkot,lagi jalan,di skull ato di kampus bawa mp3 ato i pod trus di stel
13.hp minimal 2 jt-an berkamera
14.pose foto:
cewe:45′ DERAJAT DENGAN TAMPANG SO CUTE(BIAR JELEKNYA GA KELIATAN)
cowo:NGANGKAT DAGU NGELIAT KE ARAH YG TERANG CAHAYANYA..kalo ga NUNDUK KE BAWAH MATA LIAT KE DEPAN sambil pamer rambut
trus dipasang di FS
15.bahasa sms “h1,hr Ni Lo3 M0 jLn2x B4rEn9 tem3N2x 9W ga ?”
16.punya mobil mahal2x,motor cbr trus caper padahal punya ortunya
17.rambut cewek item dan lurus banget…… ….. direbonding. .
18.lagu?indie, britpop,japan. … dewa19,gigi DLL mah lewat…
19.mulai ke clubing
20.punya banyak nomer im3,xl,simpati trus no nya di iklanin di forum majalah,radio, dll
21.DRAGON BALL,DORAEMON, KUNG FU BOY,CHIN MI,LEGENDA NAGA? lewatttt… sekarang BLEACH,DEATH NOTE,NARUTO, 20th Century boy,dll..
22.pramuka?dulu sih gaul sekarang?
23.makan? Mcd,KFC,JCO, bread talk dll
24.taon2x kemaren.. cs-ragnarok- dota-(selajutnya apa ya ahuahuahuahauha)
25.tujuan ke pensi cuma pamer pacar ke orang laen
26.tukang NOMAT
27.kelas 3 ? SSC,GANESHA OPERATION,izi
28.JADI KORBAN penculikan MLM
29.cewek?korban kokology….
30.bego kalo ga nonton HEROES,PRISON BREAK,dll
31.yg cewek nonton drama korea….Princes hour anyone huahuahauahua. ..
32.Nonton reality show SCTV
33.belajar dari MBS?? sekarang guitar pro
34.jamannya laptop nyari wifi gratisan bahkan lagi perkuliahan dikit2x dosen gerak alt-tab
35.MIYABI dan jav idol dan video porno anak2x sma,di save di hp trus pass istirahat dikerubutin sama orang2x
36.nangkring di pinggir2x mall sambil ngeliat ke bawah
37.yg cewek jalan2x ke stroberi yg nyedianin pernak pernik
38.foto di fs pake editap photosop
39.jam tangan levi’s / odm yg kotak2x padahal kw1
40. kalo ngobrol pake kata2 kayak “bo”
ex : aduh bo, tau ngga sih tadi dia ngeliatin gw gitu..
41. kerjaannya nyari invitation biar bisa clubbing gratis
42. ngerokok, tapi ngga ditarik.. cuma isep-buang.. biar keliatan keren..
43. hapenya 2, satu buat sms,musik,foto2, dll… satu buat nelfon murah..hehehe
44. skinnya jeans
45. kalo lagi sendirian di tempat rame, kerjaannya ngotak-ngatik hape, biar keliatannya lagi sms-an, padahal kesepian..
46. dulu doraemon, sekarang spongebob… .
47.kebanyakan cwe jaman skarang,dari blakang diliat, malam minggu, tapi di liat dari depan……. buset! malam jum’at kliwon
48.cuma bisa dengerin lagu, ga bisa nyanyiin dgn bner ato mainin alat musik
49.sok-sok an jadi pembalap [khusus cwo]
50.beli brand distro di blok m [biasanya pr* sh*p]
51.jaman nya pake celana pensil ma sepatu jerry [yg pantofel gitu deh….]
52.klo debat, udah pake bahasa bon-bin sama bahasa di atas ranjang
53.udah pada smoking, nge ganja, ke sekolah, malah sakaw
54.yg cewe bodinya pada jadi semua padahal umur baru 14-17 taun ..
55.trus pada rame2 make kartu selular “3” biar bisa sms gratis ..
56.yg cewe pada sibuk cari cowo yg anak emo,biar ga ketinggalan jaman ..
57.trus cewe juga skrg kalo jalan ke mall bawa tas yg yg ditaro di lengan gitu (gw gatau namanya) mungkin biar keliatan udah dewasa ..
58.yg cowo pada rame2 ke salon buat smoothing rambut ..
59.bikin MSN/YM biar dikata gaul .. lalu bikin myspace, LC (Live Connector) ,Facebook dan situs pertemanan lainnya ..
60.kalo dulu cowo baru kenalan ama cewe nanyanya nomor hape doang,skrg ditambah lagi,”friendster lo apa ??”61.ngerokoknya sok2 marlboro ..
62.pada demen jalan ke PIM, BIP .. tongkrongan wajib anak gaul tiap malam minggu
63.bawa lapotop cari wifi gratisan = KESEPIAN,GA ADA TEMPAT TONGKRONGAN, MALLLUUU. .. jadi mojok buka web yg ga penting
64.SMU uang jajan 50.000-100.000 sehari atau??? zaman gw goceng sampe 10rb
65.akseesoris hp rame, apalagi yg dibadan: bando, anting, kalung, gelang
66.Baca teenlit, cosmo girl dll
67.klo lagi ngomong, kadang pake lirik lagu,udah gitu kadang ga nyambung pula!
68.cwe, ngobrol di angkot, dalam jumlah banyak, biasanya ngomong dikit, lsg ketawa ampe mulutnya robek……. sumpah sering bgt ini…….di kira angkot moyang nya kali, sampe ketawa ngalahin klakson truk gandeng?
69.udah banyak cwo yg berbadan tinggi (dulu tahun 2000 belom loh……)
70.klo ngomong bola (cwo) biasanya debat sampe taruhan duit (5000 aja ribut?)
71.cwe jaman sekarang udah pinter pencahayaan (ya begitulah kira kira)
72.jaman nya CAMPUR-CAMPURIN ALIRAN/GENRE (good or evil?)
73.yg punya hape, udah kayak mekanik hape…….apal fitur2x hp
74.kaum yg hobinya minoritas (klo dulu dianggap kuper) malah jadi gaul
75.ssssttt.. ……internet mau dateng…..!

76.udah jarang yg bercita-cita DOKTER,ILMUWAN, ARSITEK,DLL (yg jurusan IPA lah….)
77.kalo sms romantis ga mau pake bahasa indonesia, pakenya bahasa inggris
78.pasti minta di add sama temennya, pdhal mah tiap hari bisa ktemu temen”nya di skolah.. trus suka minta diisi testinya
79.baju kuning, cardigan ungu, celana ijo, sepatu pink…
80.Oh ada lagi, kalo cowo pake polo shirt gitu kerahnya pasti dinaekin. Gak demen banget gw liatnya!
81.klo bawa mobil music nya pasti yg “ajeb ajeb” plus sound system yg super gede + kenceng
82.bawa mobil nya ga mau kalah sama supir angkot … sliweran sana sini , ngebut2 … knalpot nya uda di ganti …
83.makan rombongan, penampilan keren, pas bayar antri alias BMM kasirnya BT knapa gk sekalian 1 aja yg byr
84.abg kalo ke starbucks yg beli kopi cuma 1 orang yg nongkrong 1 geng …
85.kalo di skolah gw, ada 1 orang yg boker, langsung pada rame2 kerubutin buat ngintip ama diguyur
86.cowok:cardigans (vest juga sering),baju mickey mouse,celana skinny jeans,sepatu converse,rambut gondrong2 indie,badan begeng
87.Kalo ngomong suka berlebihan n sok baku cth: “saya tinggal di jakarta selatan yang tiap hari semakin menggila” ato “gw terjebak dalam hiruk pikuk jakarta yang semakin kompleks”
88.Klo ngetik suka aneh2…cth: “sayaH sedang galau menikmati sepi sendiri…Ah, benar2 gelisah…HUHUHU. ..”
89.Mengganti kata “dong” dengan “doms”
90.merubah nama orang jd ditambahin imbuhan “ski”… cth: banyu jd banski,toni jd tonski…
91.Friendster/ myspace/facebook nya ga nahan dong…Fotony dibuat seartistik mungkin…profilny diisi dgn kata2 ga jelas kyk di atas…favorit movie,books, sm musicny pst didominasi nama2 yg g terkenal (biar dibilang punya pengetahuan luas n gaol geto…)
92.Cewek2 mengucapkan kata “ya iyalah” dan “jangan gila dong” dengan lidah yg melet2 kyk orang lg teler
93.Dugem dan free sex adalah hal yg biasa
94.Selera musiknya high class dong…indie pop,folk,jazz, ambient,chill. ..tp ad jg cewe yg ngaku2 suka band2 emo pdhl g tau laguny…
95.Makanny selalu di kemang food fest,trus beli buku ud g jaman di gramed,sekarang mah maenanny AKSARA…
96.Menggilai pop art dan selalu memakai baju bergambar marylin monroe ato cover album velvet underground yg bergambar pisang…
97.Klo friendster,myspace, facebook. ..yang penting temenny banyak!
Mo kenal kek,kagak kek,add aj trus…klo perlu bikin account lebih dr lima
98.Soal jazz…gw jg eneg tu klo ad yg ngomong “lo udah dewasa, ga jaman lg denger rock…harus jazz” padhaalll taunya cuma MALIQ The Essentials
99.gak apal lirik kalo disuruh nyanyi lagu wajib…ato malah gak tau

source: http://fathur-net.blogspot.com/2010/04/99-ciri-ciri-anak-abg-jaman-sekarang.html

Leave a comment »

Fakta Seputar Kremasi..ihhhh..celem!!


Sepertinya kremasi sekarang telah menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang telah merancang sejumlah cara-cara yang tidak biasa untuk memperingati orang yang meninggal. Jika Anda sedang mencari cara yang unik yang dapat dikenang, di sini adalah 12 hal-hal aneh yang dapat Anda lakukan dengan kremasi.

1. Ditembakan keluar angkasa

Celestis menjadi berita utama pada tahun 1997 ketika mereka meluncurkan sisa-sisa abu kremasi ikon 60-an Timothy Leary dan pencipta Star Trek Gene Roddenberry ke ruang angkasa. Untuk biaya yang cukup masuk akal (mulai dari $ 695), Anda dapat mengirim “bagian simbolis ” dari diri Anda pada misi yang tersedia berikutnya, ikut bersama pesawat iklan komersial atau pesawat satelit ilmiah.

Anda dapat kembali ke Bumi setelah penerbangan, atau membayar lebih untuk tetap di orbit. Anda akan tinggal di sana selama sekitar 10-240 tahun sebelum kembali memasuki atmosfir bumi dalam kobaran api. Di masa depan, rencana untuk memulai proyek kremasi ini yakni ke orbit bulan, ke permukaan bulan, dan mungkin ke luar angkasa tanpa batas.

2. Meledak bersama kembang api

secara harfiah “pergi keluar dengan dentuman.”

Perusahaan seperti Heaven’s Above Fireworks bisa ngepak sebagian kecil dari abu anda menjadi kembang api profesional dan sebuah layar panggung peringatan. Ada berbagai macamh besar, berisik, penuh warna atau yang lebih tenang.

Untuk biaya yang lebih murah , abu anda dapat dimasukan kedalam roket yang kecil, sehingga keluarga Anda memiliki upacara kembang api pribadi di rumah.

3. Dicampurkan dengan terumbu karang

Environmentalist? cinta lautan? Anda dapat membuat sendiri “warisan hidup” oleh karena abu Anda berubah menjadi terumbu karang buatan. Anda tetap akan membantu memulihkan karang rusak dan menciptakan lingkungan yang penuh pemeliharaan ikan laut dan bentuk-bentuk kehidupan laut.

Mulai sekitar $ 4.000, karang akan bercampur abadi dengan hasil abu kremasi Anda dan tetap menjadi beton, bentuk karang buatan dan tempat karang di dasar laut. Karang pribadi yang lebih besar dapat menyimpan hingga empat orang dan termasuk hewan peliharaan. Jika itu terlalu mahal, Anda akan dicampur bersama-sama abu orang lain dan sebagai bagian dari sistem karang.

4. Dilebur dengan Berlian

Perhiasan dari sisa-sisa manusia? Kedengarannya menjijikkan, tapi kita tidak berbicara tentang kalung terbuat dari tulang atau gigi.

Dengan perusahaan seperti LifeGem, Abu (atau seikat rambut Anda) dapat dihancurkan menjadi sebuah batu permata yang identik dengan berlian alami pada tingkat molekuler. Menggunakan teknologi modern, proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa bulan dan bukan jutaan tahun.

Itu tidak murah, anda harus merogoh kocek beberapa ribu dollar meski untuk permata paling kecild an itu belum termasuk biaya setting.

5. Dimasukan kedalam kaca

Terlalu mahal untuk hancur sebagai berlian? Anda masih dapat menjadi pecahan kaca di Memory Glass.

Mulai sekitar $ 150, para seniman di Memory Glass mengambil sebagian kecil dari hasil kremasi anda dan menanamkannyaa ke dalam kaca sebagai kenang-kenangan dan perhiasan. Setiap anggota keluarga Anda bisa mendapatkan kaca berwarna-warni untuk mereka sendiri bisa ditambah rantai atau tali kulit untuk liontin.

6. Dicampur dengan cat menjadi karya seni

Seniman profesional menciptakan lukisan cat minyak dari abu orang yang meninggal, Jika Anda suka ide ini, pastikan Anda meninggalkan foto yang cukup besar besar, close-up foto (minimal, 4 “x 6 “, tapi lebih besar lebih baik). Mereka juga melakukan Lukisan dari kremasi hewan peliharaan Anda.

Jika Anda lebih suka sesuatu yang kurang harfiah, Anda dapat mengirim sedikit abu Anda untuk karya Seni. Staf pelukis menciptakan seni abstrak modern yang berwarna-warni dicampur dengan abu kremasi orang lain. Anda dapat memilih salah satu hasil karya dari mereka sebelum dibuat atau membiarkan mereka tahu apa warna yang ingin Anda lihat.

7. Diluncurkan pada sebuah Balon Helium

Hamburan abu kremasi dengan pesawat udara cukup umum hari ini, tapi bisa mahal dan sulit bagi anggota keluarga untuk berpartisipasi. Hamburan abu di udara membuat lebih mudah diakses dan terjangkau dengan menempatkan abu di dalam sebuah balon helium besar dan diluncurkan ke dalam awan.

Balon itu sendiri lebarnya 5 kaki dan dalam warna merah, hijau, biru dan kuning. Sekitar 6 mil ke langit, suasana menjadi terlalu dingin sehingga balon akan membeku dan hancur, dan abu akan menyebar ke dalam awan. It’s biodegradable, sehingga Anda tidak perlu khawatir merusak lingkungan.

8. dimasukan kedalam Boneka Teddy Bear

Boneka Pelukan adalah boneka binatang besar engan kompartemen berlapis beludru untuk menyimpan hasil kremasi. Anda dapat memilih sejumlah boneka beruang, anjing dan kucing mewah atau yang paling sederhana, bantal lembut.

Anda dapat mengirimkannya pada seseorang yang anda cintai, Mereka juga membuat boneka yang dapat disesuaikan, jika Anda ingin yang tampak seperti hewan peliharaan yang sudah mati .

9. Dipasang pada kendaraan

Ada orang yang paling bahagia ketika mereka berada di belakang kemudi, dan sekarang Anda bisa berada di sana secara permanen setelah kematian Anda. Sebuah Kremasi berjalan dapat dipasang pada sepeda motor, motor home, mobil, truk, mobil polisi, kapal pesiar atau cukup banyak hal lain yang bisa bergerak.

Anda dapat mengubah kremasi berjalan Anda, bisa ditambahkan gambar atau kutipan favorit. Anda juga dapat memilih disk peringatan berdasarkan agama, profesi, dinas militer atau organisasi sosial.

10. Menjadi jam pasir

Jam pasir ini penuh dengan abu kremasi bukannya pasir, menciptakan simbol yang indah dari perjalanan waktu dalam kehidupan setiap orang.

Jika Anda dan pasangan Anda atau orang yang dicintai ingin berbagi jam pasir, abu Anda dapat dicampur menjadi satu guci.

11. Dirubah menjadi kotak pensil

Dengan proyek ini, artis Nadine Jarvis sedang mengeksplorasi ide untuk mengubah seseorang yang sudah meninggal dari “abu menjadi abu.” Dia memperkirakan bahwa sekitar 240 pensil dapat dibuat dari karbon kremasi manusia.

Pensil akan disimpan di dalam kotak yang dirancang khusus, dengan pengasah dalam sisi dan jendela tampilan di atas. Ketika pensil yang tajam ke sisi kotak, serutan pensil berubah menjadi abu jenis baru, dan kotak menjadi semacam guci penyimpanan.

12. Dibangun menjadi Piramida

Di Mesir kuno, piramida dibangun untuk menyimpan barang-barang duniawi dan kerajaan almarhum. Sayangnya, ini “permanen” monumen dapat memburuk di bawah tekanan waktu, cuaca dan tak henti-hentinya kuburan di dirampok.

Di zaman modern, sebuah perusahaan bernama PYRA ingin membangun piramida dari polimer yang berdampak tinggi yang akan bertahan lebih dari satu juta tahun. Setiap blok membangun piramida akan berisi sisa-sisa dan memorabilia dari orang yang sudah meninggal.

Tidak ada bukti bahwa proyek ini berjalan, tapi tetap saja ide yang menakjubkan.

Tidak pernah terlalu dini untuk memulai perencanaan akhir kehidupan … terutama jika Anda mempertimbangkan sesuatu yang sedikit luar biasa. Sebuah polis asuransi jiwa dapat memberikan untuk yang Anda cintai dengan dana yang mereka butuhkan untuk melaksanakan keinginan terakhir Anda.

Leave a comment »

Fakta Unik Seputar Kota di Dunia


Fakta-fakta berikut adalah bentuk keunikan suatu hasil interaksi sosial manusia, dimana tidak hanya sejumlah manusia berkumpul dan beraktivitas, tapi juga memunculkan sejumlah identitas unik yang patut kita simak :

1. Kota dengan wilayah TerluasKOTA-UNIK-1_450 Kota dengan wilayah terluas jatuh pada kota Mount Isa yang terletak di barat laut Queensland , Australia . Luasnya mencapai hampir 41 ribu kilometer persegi dengan memiliki jalan raya kota sepanjang 189 km, yang merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia.

2. Kota terkecil di dunia

KOTA-UNIK-2_450 Baik dalam hal ukuran kota maupun jumlah penduduk? Itulah kota Hum yang terletak di Kroasia dengan jumlah penduduk hanya 23 orang. Kota tua ini didirikan pada tahun 1102 yang sebelumnya bernama Cholm, yang masih memiliki arsitektur gedung pada jaman abad pertengahan.

3. Kota tertua dan kota termuda di dunia

KOTA-UNIK-3_450 Percaya atau tidak bahwa kota tertua dan kota termuda berada di area wilayah yang sama? Buktinya adalah kota tertua di dunia adalah kota Jericho (di Arab disebut Ariha) yang diperkirakan berusia lebih dari 10 ribu tahun. Sedangkan kota termuda di dunia jatuh pada kota Tel Aviv, yang berusia sekitar 80 tahun. Dan dua kota itu berada dalam wilayah timur tengah yang terus menerus bergolak.

4. Kota Dengan Daratan Paling Tinggi Didunia

KOTA-UNIK-5_450kota yang berada di daratan tertinggi dipegang oleh kota Potosi di Bolivia, yang memiliki ketinggian sekitar 4100 meter (13.500 kaki) di atas permukaan laut! Kota ini juga ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dilindungi. Selain sebagai kota tertua di dunia, Jericho juga dianggap sebagai kota dengan daratan paling rendah di dunia. Kota tersebut berada 260 meter (853 kaki) di bawah permukaan laut!

5. Kota Terjangkung di dunia

KOTA-UNIK-6_450Hong Kong adalah kota dengan julukan kota ‘terjangkung’ di dunia, karena memiliki sekitar lebih dari 7.500 gedung pencakar langit, lebih banyak dari gedung ‘penggaruk langit’ yang dimiliki kota New York.

6. Kota pertama yang jumlah penduduknya 1juta orang

KOTA-UNIK-7_450Tahukah anda, bahwa kota pertama yang jumlah penduduknya 1 juta orang adalah Roma, Italia, pada 133 SM? Jumlah penduduk di London Inggris, mencapai 1 juta pada tahun 1810, dan New York City , New York di AS mencapainya pada tahun 1875. Kini ada lebih dari 300 kota di dunia dengan penduduk lebih dari 1 juta orang

Leave a comment »


batikSaling klaim produk kebudayaan antara Indonesia dan Malaysia tampaknya belum akan berakhir. Setelah UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) memasukkan batik Indonesia ke dalam daftar warisan budaya tak ternilai, Malaysia pun menyatakan keberatannya.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin di Kuala Lumpur, Rabu (30/9), mengatakan, pemerintah Malaysia akan mempelajari lebih lanjut dan memastikan apakah keputusan UNESCO ini akan merugikan industri batik tradisional Malaysia. Menurut Muhyiddin, tak hanya Indonesia, Malaysia juga memiliki corak batik khas. Bahkan menurut dia, India dan Singapura pun memiliki produk budaya serupa, meski berbeda nama dan teknik pembuatan.

Menanggapi keputusan UNESCO yang dikeluarkan 8 September silam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan 2 Oktober mendatang sebagai Hari Batik dan mengimbau seluruh warga negara menggunakan batik pada hari tersebut.

Leave a comment »

Misteri tugu pancoran


seperti di lihat di gambar kita akan membahas patung PANCORAN… pasti semua bertanya tanya mengenai arah tangan dari patung pancoran. hal seperti ini juga terjadi pada diri saya yang selalu bertanya tanya mengapa arah tangan patung pancoran mengacung ke arah utara???
mengapa tidak ke arah timur. atau selatan?? mengapa pula tidak mengarah ke istana???

pancoran

Hal inilah yang akan saya coba jawab dalam thread ini…
patung yang biasa di sebut patung pancoran ini sebenarnya bernama asli patung dirgantara. karena letak nya yang berada di daerah pancoran, patung ini biasa di sebut patung pancoran. patung ini memiliki tinggi 11 meter dan terbuat dari 11 ton perunggu serta memiliki landasan berbentuk lengkungan dari beton setinggi 27 meter. Dirancang oleh Edhi Sunarso, dibuat oleh seniman Keluarga Arca dari Yogyakarta, dan diawasi langsung oleh Presiden Soekarno sendiri, patung ini selesai dibangun dalam dua tahun (1964-1965).Ada gosip yang mengatakan bahwa Presiden Soekarno harus menjual mobilnya untuk membiayai pembuatan patung ini. Sayangnya sekarang monumen ini tertutupi oleh jalan layang dan jalan tol, dapat Anda lihat fotonya di galeri.

54620_kawasan_pancoran_jakarta_tahun_1970_an

inilah potret pancoran tempoe doloe…


Arah tangan patung pancoran…!!!

beberapa cerita tentang misteri acungan tangan patung pancoran terus mengalir selama beberapa dekade. beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menhadap ke sebuah pelabuhan sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa indonesia selama di jajah belanda. ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke sebuah lokasi harta karun peninggalan Ir. Soekarno yang konon bisa melunasi hutang negara indonesia.

Leave a comment »

Omed-omedan, Tradisi Ciuman Massal di Bali


omed1 Sehari setelah melaksanakan Tapa Brata Penyepian pada Hari Raya Nyepi yang dinamakan Ngembak Geni, disalah satu Desa Adat di Denpasar mempunyai tradisi unik yang sedikit nyeleneh dan ditakutkan akan hilang seiring dengan disahkannya Undang-undang Pornografi. walaupun ditolak dengan maraknya demo menentang Undang-undang ini. Knapa demikian karena tradisi yang cukup ini mempertontonkan adegan ciuman massal yang dilakukan oleh generasi muda Desa Adat Sesetan. Tradisi omed omedan ini merupakan tradisi leluhur yang sudah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya ritual ciuman massal itu dilakukan di Puri Oka. Puri Oka merupakan sebuah kerajaan kecil pada zaman penjajahan Belanda.

omed2 Ceritanya, pada suatu saat konon raja Puri Oka mengalami sakit keras. Sang raja sudah mencoba berobat ke berbagai tabib tapi tak kunjung sembuh. Pada Hari Raya Nyepi, masyarakat Puri Oka menggelar permainan omed omedan yang asal katanya dari med-medan (tarik-tarikan). Saking antusiasnya, suasana jadi gaduh akibat acara saling tarik para truna truni. Raja yang saat itu sedang sakit pun marah besar. Dengan berjalan terhuyung-huyung raja keluar dan melihat warganya yang sedang tarik-tarikan sampai berpelukan. Anehnya melihat adegan itu, tiba-tiba raja tak lagi merasakan sakitnya. Ajaibnya setelah itu raja kembali sehat seperti sediakala. Raja lalu mengeluarkan titah agar omed omedan harus dilaksanakan tiap Hari Raya Nyepi. Namun pemerintah Belanda yang waktu itu menjajah gerah dengan upacara itu. Belanda pun melarang ritual permainan muda mudi tersebut. Warga yang taat adat tidak menghiraukan larangan Belanda dan tetap menggelar omed omedan. Namun tiba-tiba ada 2 ekor babi besar berkelahi di tempat omed omedan biasa digelar. Akhirnya raja dan rakyat meminta petunjuk kepada leluhur. Setelah itu omed omedan dilaksanakan kembali tapi sehari setelah Hari Raya Nyepi. Pada zaman Belanda, omed omedan dilakukan dengan cara saling berangkulan. Namun seiring perkembangan zaman para peserta omed omedan lebih berani dan tak lagi saling rangkul tapi juga saling cium. Awalnya hanya cium pipi, tapi sejak 3 tahun lalu, ciuman telah berubah menjadi ciuman bibir. Tidak jarang usai omed omedan muda-mudi Banjar menemukan jodohnya langsung. Namun seiring perkembangan, terkadang biasanya yang berada diposisi terdepan antara barisan truna / laki-laki dan barisan truni/wanita sudah memiliki hubungan sebagai pacar.

omed3

1 Comment »

%d bloggers like this: